Sabtu, 25 Juli 2015

        buat kamu yang sekarang udah lulus SMA atau SMK pasti kamu mau melanjutkan ke universitas kan ?? iyaa dongg :D pasti bingung mau pilih jurusan apa hayooooo, gak usah bingung bingung :) pilih jurusan ilmu komunikasi aja karna jurusan ini seru banget :D

nah, karna gue kuliah di jurusan ilmu komunikasi gue mau bagi-bagi informasi dan mau kasih tau apa aja yang kita pelajari di jurusan ilmu komunikasi :) 

         Nah misalnya nih, dalam suatu talk show tentu yang dibutuhkan nggak cuma presenter saja. Ada produser, tim kreatif, floor director, audioman, switcher, camera person dan bahkan hal-hal kecil seperti make up, wardrobe dan backdrop juga sangat berperan penting dalam keberlangsungan acara talk show ini. Jadi, kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri, melainkan kita dituntut untuk bekerja sebagai tim.

kuliah di jurusan broadcast kita bisa jadi apaa ajaa banyak banget peluang kerjanya (y), contohnya :

  1. Produser

          Produser itu bertanggung jawab atas segala macam yang terjadi dalam acara. Jadi, kalau produksinya dirasa kurang menarik, pasti produserlah yang paling disorot. Makanya, sebagai produser kita harus bisa mengarahkan tim lainnya dan make sure produksi menjadi menarik.

 

2. Sutradara

        Sutradara itu biasanya bekerja di bagian perfilman atau persinetronan. Tugasnya yaitu mengarahkan bagaimana seharusnya artis atau talent bekerja sesuai dengan script.

 

3. Script Writer

         Script writer adalah penulis naskah yang menulis cerita secara detail, baik dari idenya sendiri ataupun dari pihak lain.

 

4. Talent

        Talent berarti orang yang memerankan drama atau film yang kita produksi. Kalau kita kebagian menjadi talent, sudah pasti muka kita yang akan tampil nantinya.

 

5. Camera Person

          Camera person bertugas untuk merekam segala aktivitas produksi sesuai dengan script. Dalam jurusan Broadcast ini, kita akan diajari teknik-teknik video recording dan fotografi. Seru kan!

 

6. Reporter

           Repoter biasanya bekerja pada video dokumenter atau berita. Kita akan diajarkan bagaimana menjadi repoter yang handal, agar tidak terbata-bata dalam menyampaikan berita, dan bagaimana trik-triknya agar kita dapat menyampaikan sesuai apa yang dibutuhkan masyarakat.

 

7. Presenter

        Presenter tugasnya adalah memandu acara televisi.

 

8. Host

          Host tugasnya adalah memandu acara televisi, namun, ia sebagai tokoh dalam acaranya. Misalnya, Kick Andy atau Bukan Empat Mata.

 

9. News Anchor

        Tugasnya news anchor adalah membaca berita yang sudah dituliskan di teleprompter, alat bantu baca news anchor.

 

10. Floor Director

          Floor director merupakan bagian yang penting salam suatu acara. Floor director langsung berkomunikasi dengan talent. Dia juga yang mengatur jalannya suatu acara agar berlangsung dengan baik dan sesuai rundown.

 

11. Switcher

          Switcher bertugas untuk menukar tayangan di TV dari kamera yang dipakai. Karena dalam shooting pasti tidak hanya menggunakan satu kamera saja.

       seru kan yang di pelajari di brtoadcasting, masih banyak lagi lohh :), jadi buat kamu yang suka sama jurusan broadcasting yukk jangan ragu-ragu cepetaan daftar kuliah pilih jurusan broadcasting :) 


sumber : http://jurusankuliah.tumblr.com/post/95678426698/broadcast-bekerja-dalam-tim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar